Search

Efek Timbal Bagi Kehidupan Manusia


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kemajuan yang sangat pesat dari teknologi yang diciptakan oleh manusia telah memberikan banyak kemudahan bagi manusia. Sebagai contoh. kemajuan dalam bidang teknologi kimia yang diungkapkan dengan penemuan pestisida. Melalui penemuan pestisida yang merupakan obat pemberantas hama pertanian manusia dapat menikmati hasil pertanian dalam jumlah yang besar. Karena hama yang menjadi pengganggu dan penyebab kerusakan tanaman pertanian telah dapat diatasi dengan menggunakan pestisida tersebut. Contoh lain adalah teknologi elektrik dan elektronik. Perkembangan teknologi di bidang elektrik telah merangsang pertumbuhan pabrik- pabrik elektronika. Teknologi listrik ini memberikan bamyak sekali kemudahan bagi manusia. Karena dengan pengolahan dan segala macam bentuk pengembangan yang dapat dibuat, teknologi elektrik telah dapat dinikmati bahkan sampai dalam rumah. Misalnya lampu listrik. Seterika listrik, kulkas dan televisi.
Kemajuan yang sangat pesat dari tcknolo
Buangan industri yang mengandung unsur dan atau senyawa logam berat juga merupakaan toksikan yang mempumyai daya racun tinggi. Buangan industri yang mengandung persenyawaan logam berat tersebut bukan hanya bersifat toksik terhadap tumbuhan, tetapi juga terhadap hewan dan manusia. Sebagai contoh adalah logam timbal. Pencemaran yang disebabkan oleh buangan industri yang mengandung unsur dan atau persenyawaan dari logam timbal  telah mengakibatkan timbulnya efek- efek negatif pada sistem urine, sintesa haemoglobin, sistem syaraf, sistem reproduksi, sistem endokrin dan jantung. Daya racun atau toksisitas yang dimiliki oleh bahan buangan industri memang tidak sama. Semua itu tergantung pada jenis hasil buangan dan jenis organisme yang terkena. Untuk jenis buangan yang mempunyai toksisitas tinggi dan atau sangat tinggi. tentu akan menyerang semua jenis organisme. Tetapi untuk bahan buangan yang toksisitasnya sedang atau rendah. maka tingkat toleransi atau daya penetralisasi yang dimiliki oleh organisme menjadi hal penentu terhadap pengaruh keracunan yang mungkin ditimbulkan oleh bahan buangan itu. Bila organisme mempunyai rentang toleransi yang rendah terhadap suatu jenis toksikan maka daya racun rendah atau keracunan dalam dosis rendah akan segera memperlihatkan pengaruh buruknya. Sedangkan untuk organisme yang mempunyai rentang toleransi luas terhadap daya racun dari suatu jenis bahan toksik maka dosis rendah (dosis yang sama diberikan pada organisme dengan rentang toleransi rendah) tidak akan memperlihatkan pengaruh dalam bentuk apapun.
Toksikan yang sangat berbahaya umumnya berasal dari buangan industri, terutama sekali industri kimia (produk dari industri pestisida) dan industri yang melibatkan logam berat (Hg, Cd, Pb, Cu. dan Cr) dalam proses produksinya.

B.     Tujuan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui efek- efek timbal terhadap manusia, kadar normal serta ambang batas paparan timbal

C.    Permasalahan
Apa saja efek negatif timbal terhadap manusia ?
D.    Metode Penulisan
Penulisan makalah ini menggunakan metode kepustakaan.