Search

Disiplin Ilmu Kesehatan Masyarakat Dan Dunia Profesi


BAB I

PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Sebagai seorang mahasiswa FKM terkadang tidak jarang masih ada yang tidak tahu prospek kedepan dari FKM. Banyak yang berpikir bahwa masuk menjadi mahasiswa FKM hanya akan menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Anggapan ini sangat salah karena SKM tidak saja dipersiapkan untuk mejadi seorang PNS namun SKM pun dapat bekerja dalam semua bidang yang berhubungan dengan kepentingan manusia.
Selain itu anggapan bahwa profesi seorang SKM merupakan profesi yang “superior” perlu dihapus karena semua profesi pada intinya sama namun karena ruang lingkup dan sasaran yang berbeda sehingga menyebabkan adanya keaneka ragaman pekerjaan. Semua pekerjaan memiliki tujuan yang sama yakni pemenuhan kebutuhan manusia itu sendiri.

B.     TUJUAN PENILISAN
Makalah ini ditulis untuk menjawab pertanyaan yang sering dilontarkan oleh seluruh mahasiswa perguruan tinggi umumnya dan FKM khususnya yakni “dimana saya akan bekerja, dan bagaimana jika nanti SKM sudah tidak dibutuhkan lagi ?”. Selain itu makalah ini dibuat sebagai tugas peserta PKKBMB.


File lengkap dapat didownload pada link ini