Search

Install Windows 7 Dengan Flashdisk


Install Windows 7 Dengan Flashdisk

Windows 7 secara meyakinkan berhasil mencuri hati para pengguna microsoft windows di seluruh dunia. Keberhasilannya jauh melampaui popularitas windows vista yang oleh temen-temen di kantor disebut “windows apa pung barang ni ??” ^__^
Wajar jika temen-temen di kantor begitu sinis jika membicarakan windows vista…..buzzz….. !!! Okeh…..langsung aja…to the point….menuju ke titik….tepa di bok….!!!!!
Banyak yang mengalami kesulitan saat akan mengintall windows 7 baik di netbook (secara memastikan dan nyata tidak memiliki built in optical drive) maupun notebook yang optical drivenya mengalami impotensi akibat sering dipake buat nonton film n dengen lagu (huehehehehe…peace om Amir…..). SO……..untuk masalah seperti ini maka solusinya ada 2 :
1.      Beli optical drive external (harga termurah sih isu-isunya 450ribu)
2.      Installer Windows 7 dipindahkan ke flashdisk (menurut laporan kontak ane …flash disk termurah harganya 5ribu tapi cuma dapet bungkus doang….hehehehe..)
Untuk tutorial kali ini kita akan sama-sama belajar untuk memindahkan installer windows 7 (biasanya sih pake piringan jenis DVD, belum pernah ane nemuin master windows 7 pake kaset tape) ke dalam sebuah flashdisk. Prosesnya gak repot-repot amat jika kita punya semua tool yang dibutuhkan. Okeh..siapkan palu, pisau, tang, obeng dan pelumas.. (loh-loh ??? mau mindahin installer windows 7 ato perbaiki motor seh?). Becanda...jangan serius abiz..ntar netbooknya bad mood loh??
LANJUT!!! Untuk membuat bootable installer windows 7 maka ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi :
1.      Flashdisk ukuran minimal 4 GB : 1 buah/biji
2.      Master installer windows 7 (bisa berupa file iso atao DVD installer windows 7)
3.      1 unit komputer ato notebook yang punya optical drive jika menggunakan DVD installer windows 7 sebagai sumber installernya. Kalo dalam kasus ini saya menggunakan 1 unit pc dengan master windows 7 udah saya buatkan dalam bentuk image ISO.
4.      Sistem operasi minimal Windows XP dengan ketentuan udah terinstall minimal netframework v.2 ; image mastering api v.2 dan Windows 7 USB DVD Download Tool yang kesemuanya dapat didownload dengan mengklik link masing-masing.
5.      Orang yang otaknya gak bego-bego amat n bisa ngerti bahasa manusia (huehehe….sekali lagi HIDUP humor!!!!)

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.      Kita asumsikan bahwa netframework v.2; image mastering api (IMAPI) v.2 n Windows 7 USB DVD Download Tool udah terinstall dengan sukses di sistem anda. Jika ada laporan error saat menginstall IMAPI maka kemungkinan besar windows XP anda perlu diupgrade ke  SP3.
2.      Flashdisk kita colokkan ke usb port (disarankan pada usb port v.2 jangan USB 1.1 agar proses pemindahan installernya berlangsung cepat). Kecuali anda memang sangat menikmati memandangi progress bar yang minta ampun lamanya.
3.      Kita jalankan aplikasi Windows 7 USB DVD Download Tool (biasanya sih dobel klik di iconnya. Belum ada laporan tuh mesti tripel klik). Maka akan muncul tampilan programnya.
4.      Kita klik browse untuk memilih sumber dari installer windows 7. Bisa berupa image ISO atao DVD drive anda. Dalam tutorial ini saya menggunakan installer dari image iso yang sudah saya buat sebelumnya. Klik pada file imagenya dan kemudian klik tombol open.
5.      Setelah memilih sumber installer Windows 7 maka akan muncul gambar seperti ini. Kemudian klik Next
6.      Muncul tampilan berikutnya untuk memilih target device atau device tujuan dimana kita mau menyimpan installer tersebut. Dalam kasus ini kita memilih flashdisk sebagai device tujuan. Jadi kita klik pada tombol USB device. (INGAT!!!!! Sebaiknya hanya USB flasdisk yang akan dipakai untuk menyimpak installer windows 7 yang tersambung di komputer atau notebook anda agar kita tidak bingung saat memilih target usb device.
7.      Akan muncul kotak dialog Insert USB drive. Kira-kira gini nih tampilannya :
 Karena flashdisk yang tersambung dikompie kita hanya 1 maka secara otomatis aplikasi akan memilih USB flashdisk yang tersedia. Seperti gambar diatas. Setelah itu klik begin copying untuk memulai proses pembuatan installer flashdisk.
8.     Proses awalnya dengan memformat flashdisk kita agar sesuai dengan system file yang dibutuhkan oleh installer windows 7 agar berjalan dengan baik.
Jika proses format selesai maka akan dilanjutkan dengan proses mengkopi system installer ke flashdisk tercinta kita.
9.      Tunggu dengan sabar sampe proses pengkopian selesai. Sambil menunggu bisa diselingi dengan perbuatan cinta kasih kepada sesama….
Prosesnya sendiri biasa berlangsung selama 5-10 menit tergantung dari kecepatan komputer kita, jenis koneksi USB, jenis flashdisk yang dipergunakan dan juga sumber installer. Jika ingin prosesnya berjalan cepat maka sebaiknya menggunakan minimal pentium dual core dengan ram 1 GB, USB 2, flashdisk kingston dan sumber installer dari image ISO.
 NAAHH……selesai dah…..SELAMAT, anda kini memiliki usb flashdisk yang bisa dipergunakan untuk menginstall komputer notebook, netbook atau bahkan pc anda dengan windows 7. Jika dibandingkan menginstall dengan menggunakan DVD drive maka flahsdisk memiliki kecepatan instalasi 5-8 kali kebih cepat. Selain itu, metode ini juga memperjanjang umur pakai optical drive kita yang harganya jauh lebih mahal dari flash disk.
Jika ingin tutorial dalam format dokumen dapat didownload pada link ini.
SELAMAT MENCOBA….
^__^
SALAM..