Search

EFEKTIVITAS MEDIA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KADER



Pembangunan Kesehatan di Indonesia diselenggarakan secara menyeluruh dan berkesinambungan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatn yang setinggi-tingginya. Pembangunan ini semakin penting mengingat kesehatan adalah hak asazi manusia dan sekaligus investasi untuk keberhasilan pembangunan bangsa. Karena kesehatan merupakan hak asazi manusia maka sebagai bangsa yang beradab kewajiban kita adalah meningkatkan mutu pembangunan dan meninggikan harkat serta martabatnya sebagai manusia dan bangsa.
UNDP (United Nations Development Program) senantiasa melukiskan bahwa HDI (Human Development Index) merupakan suatu cerminan kesejahteraan bangsa dan negara. Salah satu yang diperhitungkan dalam indeks ini adalah kesehatan penduduk. Sayangnya sejak tahun 1995 HDI Indonesia terus merosot sedangkan negara lain seperti Vietnam terus meningkat.
Oleh sebab itu cara berpikir kita harus dirubah sebagai jawaban terhadap masalah diatas. Paradigma berfikirnya perlu bergeser dari Paradigma Sakit mendaji paradigma Sehat. Pendekatannya harus diubah dari yang bersifat reaktif menjadi lebih proaktif.   Tanpa kesehatan masyarakat yang baik, mustahil kita meningkatkan prestasi pendidikan anak-anak bangsa dan meningkatkan perekonomian bangsa. Jelaslah bahwa betapa pentingnya kesehatan dalam suatu bangsa. Derajat kesehatan dipengaruhi oleh perilaku masyarakat itu sendiri sehingga wajar dan jelaslah masyarakat sendiri harus berpartisipasi aktif dalam menciptakan derajat kesehatan yang optimal bagi dirinya. Dalam pastisipasi masyarakat umum ini dilakukan kegiatan untuk menjalin hubungan yang erat dan dinamis antara pemerintah dan masyarakat dengan cara mengembangkan dan membina komunikasi timbal balik terutama dalam hal memberikan masukan, memberikan umpan balik dan menyebar luaskan informasi tentang kesehatan sedini mungkin.
Kader sebagai salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat perlu mendapat bimbingan dan pengarahan agar ketika diturunkan dalam masyarakat dapat bekerja secara optimal. Salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan mengenai penggunaan alat bantu peraga kesehatan atau yang biasa disebut dengan alat bantu pendidikan kesehatan. Dengan menggunakan alat bantu  pendidikan kesehatan masyarakat diharapkan dapat lebih memahami penjelasan yang disampaikan oleh kader.
 


File lengkap dapat didownload disini