Search

AIDS dan IV (Suatu Pengantar)

AIDS DAN HIV

AIDS adalah singkat dari Aquired Immuno Deficiency Syndrome, merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalah tubuh manusia. Manusia yang diserang oleh penyakit ini sistem kekebalah tubuhnya akan menjadi rusak sehingga tidak memiliki sistem kekebalan lagi. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang disebut HIV (Human Immunodeficiency virus). Virus ini pertama kali ditemukan di Afrika.
Virus ini termasuk jenis arbo virus dengan materi genetik inti adalah asam nukleat RNA. Virus ini mempu merubah struktur materi genetiknya dalam waktu singkat. Karena perubahan struktur materi genetik yang cepat inilah maka virus ini belum dapat dihancurkan karena vaksinnya tidak dapat dibuat. Sekali virus ini menginfeksi manusia maka tidak dapat lagi dikeluarkan dari dalam tubuh. Tenggang waktu hingga virus ini menimbulkan penyakit AIDS adalah 6 bulan - 10 tahun, tergantung stamina penderita tersebut. Ketika virus ini menginfeksi manusia maka dalam sehari ia dapat mengkopi dirinya hingga berjuta- juta sel dan langsung menyerang sistem pertahanan tubuh. Yang paling pertama diserang adalah limpa sehingga limpa menjadi tidak dapat menghasilkan getah bening yang berguna untuk pertahanan tubuh. Usaha tubuh untuk meningkatkan sistem pertahan diri adalah dengan memproduksi sel darah putih dalam jumlah yang banyak. Dengan demikian maka jumlah sel darah putih dalam tubuh meningkat yang disebut dengan leukositosis. Kelompok yang rentan terhadap penyakit ini adalah :
  1. Homoseksual dan biseksual berisiko tinggi
  2. Sopir truk antar wilayah
  3. Pelaut
  4. WTS
Untuk mencegah penularan penyakit ini melalui 3 cara yakni :
  1. Setia pada pasangan
  2. Tidak berhubungan seks secara multipartner
  3. Menggunakan alat pengaman seperti kondom
Selain itu perlu pendidikan keagamaan dan kesusilaan agar kelompok berisiko tinggi tersebut menjadi sadar bahwa banyak orang dapat menjadi tertular karena hubungan seks yang tidak aman.